Gedung Sate bakal Jadi Lokasi Wisata Sejarah dan Budaya

Bagi penduduk Kota Bandung dan Provinsi Jawa Barat (Jabar) pada umumnya, Gedung Sate ialah salah satu ikon kebangaan. Oleh sebab itu, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mempermaklumkan gedung di pusat Kota Kembang ini menjadi tempat wisata.

Baca Juga : Paket Wisata Belitung Tour Paling Murah, Kunjungi Destinasi Dengan Sewa Mobil Belitung

Hal tersebut diutarakan Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, ketika menghadiri pameran lukisan dan penyerahan “Anugerah Barli 2019”, di Gedung Sate, Kota Bandung, Jabar, Senin (19/8/2019).

“Pameran ini (Anugerah Barli) menjadi unsur dari master plan Gedung Sate, yang bakal dijadikan wisata sejarah dan wisata kebudayaan,” katanya.

Berdasarkan keterangan dari Emil, ajang pameran lukisan Barli menjadi di antara pembuktian Gedung Sate sebagai tempat wisata budaya. Nantinya, dinding Gedung Sate akan diisi lukisan yang mencerminkan sejarah berdirinya Gedung Sate, serta khasanah seni dan kebiasaan dari 27 kabupaten/kota di Tanah Pasundan.

“Hari ini anda ada pameran dari siswa dan jaringan Museum Seni Barli. Ada 150 lukisannya, bagus-bagus lukisannya. Mengindikasikan tingginya kebudayaan dan ekspresi kesenian di Jawa Barat,” ujar Emil.

“Gedung Sate terdapat dua ruang besar, terdapat galeri barat dan galeri timur. Sesekali boleh (digelar pameran), tidak melulu acara administrasi kepemerintahan, namun juga dapat jadi tempat acara galeri berkesenian, seni rupa, dan lain-lain,” tambahnya.

Emil menuturkan, kebudayaan bakal menjadi salah satu konsentrasi pembangunan Jabar. Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) juga tengah dan akan membina pusat kebudayaan di masing-masing kabupaten/kota di Jabar.

“Sudah anda tekadkan, dalam lima tahun seluruh kota/kabupaten mesti punya pusat kebudayaan,” tegas Emil.

“Kita bakal mengedepankan kebudayaan, sebab hidup ini tidak saja urusan ekonomi. Penting pun kita merefleksikan relasi anda terhadap sesama manusia, untuk Tuhan, melewati ekspresi kesenian, terutama seni rupa,” katanya.

Anugerah Barli sendiri adalahajang pameran bareng para perupa Jabar dan peserta persaingan drawing. Pameran dilangsungkan pada 19 – 28 Agustus 2019 di Aula Timur Gedung Sate. Total terdapat 91 pelukis dengan 150 lukisan dipamerkan.

Pimpinan Balai Seni Balri, Nakis Barli mengatakan, Anugerah Barli adalahperistiwa langka untuk Balai Seni Barli. Nakis berujar, pameran lukisan yang dilangsungkan juga adalahrepresentasi hidup yang dipunyai Barli semasa hidup sampai akhir hayatnya.

“Kegiatan ini adalahperistiwan langka untuk kami, ketika Anugerah Barli dilangsungkan bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Provinsi Jawa Barat dan masih dalam susunan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang sama-sama memasuki usia ke-74,” ujar wanita yang adalahistri pelukis (almarhum) Barli Sasmitawinata.

Berikut semua penerima Anugerah Barli 2019 guna Kategori Umum:

  1. John Mamesah, tukang koleksi lukisan terbesar;
  2. Solihin Gautama Purwanegara, Gubernur Jawa Barat 1970-1975 yang adalahinisiator pemakaman Alm. Barli di Taman Makan Pahlawan, Cikutra, Kota Bandung;
  3. Buna Wijaya, generasi penerus dan pemerhati Balai Seni Barli;
  4. Tanaka Hardhy, di antara Dewan Pendiri Viatikara;
  5. Fatimah Avalpo Suprayogi, pendakwah keliling yang dibuka dari kaki Gunung Galunggung hingga Amerika Serikat;
  6. Sabana Prawirawidjaja, pemerhati pekerjaan Balai Seni Barli;
  7. Heni Smith, wanita berprestasi, pemerhati lingkungan hidup, dan pemerhati Balai Seni Barli;
  8. Ryan Brasali, Direktur Utama Kota Baru Parahyangan (lokasi Balai Seni Barli);
  9. Pikiran Rakyat, media publikasi Balai Seni Barli;
  10. Chusin Setiadikara, siswa berprestasi Barli yang telah melangsungkan pameran di mancanegara; dan
  11. Anna Anggraeni, penyiar kesatu TVRI Jawa Barat.

Penerima Anugerah Barli 2019 guna Kategori Khusus (Tiga Terbaik Kompetisi Drawing dari 150 lukisan yang dipamerkan):

  1. Tetep Yadi Hermawan (Kabupaten Cianjur);
  2. Cucu Hadis (Kabupaten Tasikmalaya); dan
  3. Rizki Lutfi Wiguna (Kabipaten Garut).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *