Pawai Pembangunan Berubah Nama dan Berubah Rute

Pawai Pembangunan di Belitung yang masing-masing tahun dilangsungkan untuk mengenang hari Kemerdekaan Republik Indonesia, berubah nama menjadi Karnaval Kemerdekaan. Perubahan nama tersebut juga ikut merubahkan rute tempuh pawai, Rabu (14/08/2019).

Berita Terkait : Bangkitnya Wisata Belitung, BPJS TK Memilih Tour Belitung

Hal ini di ungkapkan oleh Ketua Pawai, Karya. Dikatakan Karya, Tahun 2019 ini rute pawai pembangunan Belitung akan memakai Jalan Jendral Sudirman, tidak lagi Jalan Sriwijaya. Dan nama dari Pawai tersebut pun berubah.

“Tahun ini kita lain dari tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan anda audiensi dengan Wakil Bupati pada Bulan Mei, sesungguhnya beliau hendak ada sebuah perubahan. Jadi Pawai Pembangunan juga tidak lagi Pawai Pembangunan, namun Karnaval Kemerdekaan,” ujarnya.

Alasan Wakil Bupati Belitung (Isyak) itu, dikatakan Karya sebab Isyak menginginkankan Pawai atau Karnaval tersebut pun menjadi totonan semua turis dari luar pulau Belitung.

“Jadi Beliau mengadopsi sebuah pemikiran, pihak-pihak hotel dilibatkan pun untuk meluangkan space-space guna nonton. Tapi tersebut diluar kapasitas Dispora, tersebut tidak mencantol kegiatan-kegiatan Dispora, tersebut di luar, anda cuma meluangkan kegiatannya saja,” katanya.

Ia menambahkan, pemakaian dari Jalan Jenderal Sudirman tersebut sebab jalan tersebut lebih lebar, mempunyai dua alur. Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, dengan jumlah pemirsa yang selau membludak, yang terkadang tidak banyak mengganggu pekerjaan pawai/karnaval, jadilah jalan Sudirman dipilih.

“Start tetap di Kantor Bupati. Kita terdapat kan pun titik kumpul, jadi di simpang 4 Kantor Bupati itu, sepanjang Jalan Gajah Mada tersebut titik kumpul mobil hias, lantas sepanjang Jalan Aik Ketekok tersebut untuk motor hias, lantas dari simpang hingga ke bawah, Jalan A. Yani tersebut untuk pejalan kaki. Bagi drum band tetap di halaman Kantor Bupati,” jelasnya.

Sedangkan guna panggung kebesaran akan sedang di depan Kolong Keramik, menilik di posisi tersebut lumayan luas, sampai-sampai mempermudah peserta yang hendak menunjukan atraksi mereka.

Dan guna finisnya, semua kendaraan selesai di Halaman Gedung Nasional, guna pejakan kaki lanjut hingga Tanjung Pendam. Khusus guna TK, masih bakal di evaluasi, titik finisnya.

Pawai/Karnaval ini akan diselenggarakan pada 28 Agustus 2019. Untuk pencatatan akan diblokir dua hari sebelum terlaksananya Pawai/Karnava tersebut. (din)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *